Rabu, 30 Januari 2008

Sabar Menghadapi Ujian

Sabar adalah kata yang mudah diucapkan, namun tidak mudah dalam pelaksanaannya. Sabar tidak hanya terhadap musibah atau sesuatu yang tidak mengenakkan yang menimpa pada diri kita atau keluarga kita, namun juga sabar terhadap kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Musibah ataupun kenikmatan merupakan ujian Allah SWT terhadap hambanya. Ketika seorang muslim sedang diuji dengan musibah, maka sabarnya adalah makin mendekatkan diri pada Allah, melakukan instropeksi diri, ikhlas dengan musibah tersebut, melakukan upaya perbaikan diri serta berprasangka baik terhadap takdir Allah SWT. Tidak sepantasnya manusia berprasangka buruk pada Allah SWT. Dengan sabar, maka musibah yang diterima akan menjadi amal baik disisi Allah SWT.

Sedangkan sabar ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT adalah makin sadar akan kebesaran Allah SWT sehingga makin tambah kuat imannya, makin tambah dekat dengan Allah SWT, makin tekun ibadah, makin banyak infaq dan shodaqahnya dan lain-lain.

Ketika manusia diuji dengan musibah, biasanya sanggup bertahan dengan kesabarannya, makin bertambah kuat imannya. Meskipun tidak sedikit pula yang makin jauh imannya dari Allah SWT. Namun, ketika manusia sedang diuji dengan kenikmatan, banyak yang jatuh ke dalam bisikan setan. Ketika manusia diberi kesuksesan atau keberhasilan dalam usaha, tidak sedikit yang merasa bahwa keberhasilan tersebut karena semata-mata usahanya sendiri, karena kepandaiannya dalam berusaha, karena kecerdasan otaknya dan lain-lain. Mereka mengabaikan peran Allah SWT. Mereka menjadi sombong dan takabur, serta kurang syukurnya kepada Allah SWT.

Seorang muslim senantiasa bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan maupun musibah, karena nikmat dan musibah merupakan ujian Allah SWT bagi manusia, agar selalu sabar sehingga makin kuat imannya dan makin banyak amalnya.

Mintalah pertolongan Allah SWT dengan sabar dan sholat. Begitu firman Allah SWT. Baik dalam keadaan duka maupun bahagia.

masepe
Semarang, 30 Januari 2008

Tidak ada komentar: